Tak Terpakai, Ratusan Kios Darurat Pasar Klewer Di Alut Solo Dibongkar

SOLO – Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Solo membongkar ratusan kios darurat Pasar Klewer di Alun-alun Utara (Alut) Keraton Kasunanan Hadiningrat sejak beberapa pekan terakhir. Pembongkaran dilakukan lantaran ratusan kios itu tak lagi digunakan.

Sebagian penghuni kios darurat telah kembali ke Pasar Klewer sisi barat. Sementara sisanya menunggu Pasar Klewer Timur selesai dibangun.

Kepala Disdag Kota Solo, Heru Sunardi, mengatakan jumlah pedagang yang menghuni kios darurat Pasar Klewer di Alut berjumlah 520-an orang. Dari seluruh luasan Alut, mereka menempati sisi barat-utara.

“Kelanjutan sewa Alut hanya separuh dari luasan yang ada. Kami merobohkan kios yang enggak dipakai. Sebagian kami alihkan untuk membangun pasar darurat Pasar Legi. Kondisi materialnya juga masih bagus. Nah, kalau masih tersisa dan enggak bisa dimanfaatkan baru kami lelang,” kata dia, kepada Solopos.com, Kamis (7/11/2019).

Setelah kios darurat Pasar Klewer dihancurkan, Pemkot Solo tidak langsung merevitalisasi kawasan cagar budaya tersebut. Rencananya revitalisasi dilakukan setelah pembangunan Pasar Klewer Timur rampung.

Berdasarkan pantauan Solopos.com di laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), proses lelang tengah memasuki masa sanggah. PT Wisana Matrakarya dari Jayapura Selatan, Provinsi Papua menjadi pemenang dengan anggaran hasil negosiasi senilai Rp48 miliar. Penandatanganan kontrak dijadwalkan pada pekan ketiga November 2019.

“Nanti, ada bekas cor-coran di seluruh Alut dibersihkan. Paving block juga dipindahkan ke tempat lain,” kata Heru Sunardi.

Salah seorang petugas parkir di Alut, Eko, menyebut penghancuran kios darurat berlangsung bertahap. Menurutnya, tidak setiap hari ada petugas yang merobohkan kios-kios tersebut.

“Los sudah lebih dahulu dihancurkan untuk membangun pasar darurat Pasar Legi. Setelah pedagang kembali ke Pasar Klewer Barat, memang kios-kios itu sudah enggak dipakai,” kata Eko.

(Mariyana Ricky P.D – Solopos.com)

 

LEAVE REPLY

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *