15 Oktober Boyongan, Pedagang Pasar Klewer Timur Solo Segera Dapat Pembagian Kios

Kios darurat Pasar Klewer di Alun-Alun Utara Solo. (Solopos/dok) 

Solopos.com, SOLO — Pedagang Pasar Klewer Solo sisi timur bakal boyongan ke bangunan baru pada 15 Oktober 2020. Saat ini, Pemkot Solo tengah menyiapkan pembagian kios.

Pembangunan Pasar Klewer sisi timur bakal rampung pada 10 Oktober nanti. Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Solo, Heru Sunardi, mengatakan saat ini proyek tersebut sudah rampung dan tinggal menunggu serah terima hasil pekerjaan pertama (PHO).

Pelaksana proyek bakal menyerahkan kunci kepada Pemkot Solo pada 11 Oktober. Kemudian sehari setelahnya kunci tersebut bakal Pemkot serahkan ke pedagang Pasar Klewer Solo sisi timur.

“Saat ini tinggal penyelesaian. Kriteria bangunan hijau sesuai harapan Kementerian Perdagangan [Kemendag] sudah terpenuhi. Beberapa titik sudah selesai 100%, beberapa titik masih penyempurnaan, beberapa titik pembersihan. Pencahayaan bagian dalamnya bagus. Sebagian pedagang sudah menengok dan mereka mengapresiasi,” katanya kepada wartawan, Selasa (6/10/2020).

Heru mengaku belum menerima keluhan dari pedagang terkait bangunan baru itu. Penataan kios Pasar Klewer Timur tidak ada kendala berarti mengingat tidak ada yang posisinya terlalu ke dalam.

Penataan Nomor Urut Kios

Pemkot akan membagi kios kepada 527 pedagang Pasar Klewer Solo sisi timur yang saat ini masih berjualan di pasar darurat. Pedagang sudah mendapat sosialisasi tentang penataan nomor urut kios.

“Sebelumnya [sebelum revitalisasi] ada beberapa kios pedagang yang tidak urut. Lalu sudah kami urutkan dan pedagang sudah menyepakati,” ucapnya.

Pemkot akan melayani pengambilan kunci kios oleh ratusan pedagang yang berhak. Lokasinya lahan parkir pasar darurat Alun-alun Utara Keraton Solo. Hal itu karena masih masa pandemi Covid-19 sehingga tidak boleh mengumpulkan banyak orang.

Pemilihan lahan parkir itu untuk lokasi pembagian kunci kios pedagang Pasar Klewer Solo sisi timur karena tempatnya luas. “Jadi sambil jualan, mereka bisa datang [ke lokasi pembagian] dan kami atur waktu biar tidak terjadi penumpukan,” jelas Heru.

Sebelum hari H pembagian kunci kios, Pemkot bersama pedagang juga merencanakan syukuran selesainya pembangunan Pasar Klewer sisi timur dalam bentuk doa bersama.

Solopos.com-Mariyana Ricky P.D

LEAVE REPLY

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *