Pedagang Pasar Gede dan Klewer Solo Bakal Divaksin Covid-19 Lusa

 

Pedagang Pasar Gede dan Klewer Solo, Jawa Tengah, akan menjalani vaksinasi Covid-19 tahap dua pada Sabtu (27/2/2021). Rencananya, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk pedagang pasar tradisional akan dibuka Wali Kota terpilih Solo Gibran Rakabuming Raka. “Nanti di Pasar Gede dulu terus bergeser di Pasar Klewer. Pelaksanaannya nanti setelah seremonial Pak Wali Kota baru launching di situ (Pasar Gede),” kata Kepala Dinas Perdagangan Solo Heru Sunardi di Solo, Jawa Tengah, Kamis (25/2/2021).

Pihaknya sudah membuat jadwal pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi pedagang untuk menghindari terjadinya kerumunan. “Nanti vaksinasi sesuai jadwal dari dinas. Karena untuk menghindari kerumunan,” kata Heru. Mengenai teknis pelaksanaan vaksinasi, seperti screening dan lainnya, kata Heru, semua akan ditangani oleh dinas kesehatan. Pihaknya hanya menyediakan sasaran pedagang dan tempat vaksinasi. “Nanti tempat vaksin tetap di atas kalau Pasar Gede. Pasar Klewer di lantai empat. Nanti seremonialnya di luar semua,” tutur dia.

Dikatakan Heru, berdasarkan data terakhir pedagang Pasar Gede yang memenuhi syarat vaksinasi ada sebanyak 567 orang, baik pedagang kios maupun los. Kemudian, jumlah pedagang Pasar Klewer yang akan divaksinasi ada sebanyak 1.661 orang.¬† “Semua pedagang sudah lengkap persyaratannya. Kan harus punya nomor induk kependudukan¬†(NIK) dulu,” kata dia. Pihaknya menargetkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi pedagang pasar tradisional selesai dalam sehari. Bagi pedagang di dua pasar tersebut belum mendapatkan vaksinasi akan diikutkan periode berikutnya. “Pedagang sudah siap, ada yang tanya kok tidak ikut. Nanti akan ikut di periode berikutnya sama pedagang pasar-pasar lainnya,” tutur Heru. Sebagaimana diketahui, jumlah vaksin Covid-19 tahap dua yang diterima Solo sebanyak 70.000 dosis. Vaksinasi tahap dua dilaksanakan secara bertahap karena belum semua sasaran menerima vaksin Covid-19. Sasaran prioritas vaksinasi tahap dua adalah menyelesaikan tenaga kesehatan. Masih ada sebanyak 5.877 tenaga kesehatan yang belum¬†selesai divaksinasi Covid-19. Kemudian ada TNI/Polri, pedagang pasar tradisional, lanjut usia (lansia) dan pelayanan publik serta media. “Nanti (vaksinasi) secara bertahap. Semua akan divaksin, tapi ada jadwal, ada waktunya,” terang Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo Siti Wahyuningsih.

Penulis Kontributor Solo, Labib Zamani | Editor Dony Aprian
Kompas.com – 25/02/2021, 23:38 WIB

LEAVE REPLY

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *