Sentra Mebel Solo Segera Terwujud, DED Pembangunan Masuki Pelelangan

 

Pemerintah Kota Solo merencanakan pembangunan Sentra Mebel Solo pada 2022. Progres pembangunan Pasar Mebel Ngemplak itu memasuki tahap lelang detail engineering design (DED) alias detail gambar kerja.

Plt. Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Solo, Agus Sutrisno, menjelaskan, progres rencana pembangunan Sentra Mebel Solo dalam tahap akan lelang DED karena terdapat perubahan menyesuaikan kebutuhan para produsen. Bangunan dua lantai terdiri atas ruang workshop, ruang pameran, ruang finishing pada lantai II, dan parkir mobil di lantai II.

“Rencana pembangunan pada 2022. Itu merupakan program pemerintah pusat. Pembangunan dilakukan secara multiyears,” kata dia kepada wartawan saat ditemui di Pasar Klewer, Solo, Senin (15/2/2021).

Meski demikian, saat Solopos.com meminta konfirmasi jumlah anggaran yang disipakan dalam pembangunan pasar, dia mengaku tidak hafal. Dia berharap pembangunan Pasar Mebel Ngemplak bisa secepatnya rampung dalam satu tahun anggaran.

Disnakerperin & Disdag

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Solo, Heru Sunardi, menjelaskan sentra industri merupakan wilayah kerja Disnakerperin dan Disdag membantu dalam menyiapkan lokasi sementara atau pasar darurat selama proses pembangunan. Salah satu opsi lokasi sementara, yaitu Kawasan Pedaringan.

Sebagai informasi, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki pernah berkunjung ke Pasar Mebel Ngemplak, Jl. Kol. Soetarto, Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Minggu (2/2/2020).

Menurut dia, Pasar Mebel Ngemplak merupakan penghubung antara produsen dan pembeli di wilayah Solo. Produsen membutuhkan pembangunan pasar karena kondisi pasar membutuhkan pembangunan Sentra Mebel Solo.

Solopos.com-Wahyu Prakoso

LEAVE REPLY

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *