Sambutan Kepala Dinas

Komitmen Pemerintah Kota Surakarta untuk meningkatkan daya saing Pasar Tradisional tidak diragukan lagi. Berbagai Program dilakukan guna mewujudkan pasar tradisional sebagai tempat utama dan pertama bagi masyarakat untuk melakukan aktivitas ekonomi sehari-hari.
Pembangunan kembali atau renovasi pasar tradisional merupakan bagian dari revitalisasi yang digaungkan Dinas Pengelolaan Pasar Pemerintah Kota Surakarta. Selain itu, juga dilakukan perbaikan manajemen pasar yang secara fisik dapat dilihat seperti pemeliharaan bangunan beserta fasilitasnya. Tak hanya itu, tata kelola persampahan juga diperbaiki sehingga pasar tradisional bersih dan sehat. Sebagai tempat aktivitas ekonomi jaminan adanya rasa aman sangat penting mendapat perhatian. Penambahan Personil tenaga keamanan, penerangan yang memadai diharapkan akam membuat pengunjung dan pedagang di pasar tradisional semakin terlindungi. Berbagai upaya dilakukan Dinas Pengelolaan Pasar tentu tidak dapat disebutkan satu persatu dikesempatan terbatas ini. namun setidaknya hal itu menunjukkan komitmen kami untuk menjaga pasar tradisional.
Revitalisasi dimaksudkan untuk mempertahankan roh pasar tradisional yang tidak hanya sekadar tempat aktivitas ekonomi tetapi juga tempat berinteraksi sosial dan budaya. Oleh karena itu, Dinas Pengelolaan Pasar juga memperhatikan segala sesuatu di luar hal yang bersifat fisik. Hal yang utama adalah kualitas sumber daya manusia (SDM), baik pegawai pengelola pasar maupun pedagang di pasar tradisional.
Serangkaian bimbingan teknis (bintek) dilakukan dengan harapan mereka kian ramah dan santun dalam melayani. Dalam lingkup tanggung jawab sebagai pengelola pasar, Dinas Pengelolaan Pasar juga melakukan upaya mempromosikan keunggulan dan potensi pasar tradisional ke masyarakat. Sejumlah event digelar diarena pasar, termasuk lomba antar pasar guna mendorong agar “warga pasar” berkompetisi untuk menyuguhkan hal-hal terbaik. Dukungan dari masyarakat yang diterima Dinas Pengelolaan Pasar dalam merevitalisasi pasar-pasar tradisional selama ini sungguh luar biasa. Sejumlah korporasi tergerak untuk berperan dalam program CSR merancang bersema antara Dinas Pengelolaan Pasar, Paguyuban Pedagang dan perusahaan tersebut. Berbagai aktivitas tersebut, didokumantasikan melalui melalui media elektronik ataupun buku profil. Tentu harapannya adalah sebagai pembelajaran bersama untuk perbaikan ke depan.
Kami menyadari dalam penyampaian informasi ataupun penyusunan materi ini juga masih terdapat banyak kekurangan, oleh karena itu saran dan sumbang pemikiran kami harapkan untuk dapat memberi manfaat bagi kita bersama.
Surakarta, Juli 2015.

( Nama Dinas Pengelolaan Pasar sekarang menjadi Dinas Perdagangan dikarenakan akibat dari perubahan nomenklatur kelembagaan yang mengakibatkan peleburan Dinas Pengelolaan Pasar kedalam Dinas Perdagangan Kota Surakarta.)

JAM KERJA KANTOR

Kami Siap Melayani

Jam Kerja Kantor pada hari :
Senin-Kamis     : 07.30-16.30
Jumat                : 07.30-11.30
Sabtu-Minggu  : Tutup

No. Telp. (0271)638738
Email : disdag@surakarta.go.id

GOOGLE MAPS

Komplek Balaikota, JL. Jenderal Sudirman, No. 2, Kp. Baru, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57133