Ratusan Pegawai Pemkot Surakarta Bersihkan Alun-Alun Utara

Peserta kerja bakti tengah menata Alun-alun utara dengan membersihkan rumput yang tumbuh liar Foto: Bagus Adji

SOLO (SUARABARU.ID)- Rumput liar di alun alun Utara (Alut) kota Surakarta yang memunculklan kesan kumuh, kini tak lagi ada.  Menyusul berlangsung kerja bakti yang melibatkan ratusan personil dari Pemkot Surakarta diatas lahan  seluas 1,7 hektar .

“Ini merupakan kerja bakti pertama semenjak berlangsungnya pandemi covid – 19,“ kata Wakil Wali Kota Surakarta Ahmad Purnomo , Jumat (3/7).

Wakil Walikota Surakarta Ahmad Purnomo didampingi Kepala Dinas Perdagangan Heru Sunardi ketika ditemui di sela sela kerja bhakti mengatakan, kegiatan yang berlangsung merupakan pertama kali selama berlangsungnya pandemi covid -19  di wilayah setempat. Diakui lahan yang dibersihkan disertai tujuan agar  lokasi setempat terlihat indah  dan tertata rapi.

Karena areal ini merupakan milik Karaton Kasunanan Surakarta maka siapa pun yang ingin menggunakan dipersilahkan dengan catatan mengajukan izin terlebih dahulu ke karaton. Kerja bakti yang berlangsung berkaitan erat dengan persiapan awal memasuki new normal.  Konsentrasi  menyambut normal baru juga dilakukan Pemkot Surakarta di sejumlah bidang di antaranya tansportasi dan pariwisata.

“Semua langkah yang ditempuh disertai harapan roda perekonomian bisa berputar cepat.” Himbauan kita kepada masyarakat harus betul betul  melaksanakan protokol kesehatan dan  jangan menganggap remeh di segala bidang,” tandasnya.

Karaton

Sementara  itu Kepala Dinas Perdagangan Surakarta Heru Sunardi. Kegiatan bersih bersih yang berlangsung  pada dasarnya terkait permohonan dari perwakilan Sinuhun Karaton Surakarta yang meminta bantuan  Pemkot  untuk bisa menata Alun alun Utara.

Ke depan di lokasi itu akan dilakukan revitalisasi manakala  masa sewa lahan alun-alun  telah berakhir. Pemkot memiliki kewajiban untuk merevitalisasi setelah selesainya masa sewa-menyewa.

“Sewa-menyewa antara Pemkot dan Karaton beraklhir pada 2020.  Maka di 2021 Pemkot akan melakukan revitalisasi Alun-alun Utara. Pekerjaan pembangunan Pasar Klewer Timur  akan berakhir antara September–Oktober 2020. Bila pekerjaan selesai  berarti segera dilakukan boyongan pedagang,“  terangnya

Bagus Adji-trs/suarabaru.id

LEAVE REPLY

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *